Merawat Indonesia Lewat Literasi Toleransi
Merawat indonesia lewat #literasi #toleransi with kalis mardiasih dari @mojokdotco dan prof muhajir dari FKUB
**
panel lainnya di festival patjar merah antara lain:
- Membawa Karya ke Kancah Internasional
- Peran dan Dinamika Komik di Indonesia
- Bercerita lewat Foto Travel
- Selama Toko Buku Masih Ada
- Personal Branding
**
Agama memanifestnya di kehidupan. Berlaku di semua agama. Ktk ngomongin islam berarti ngobrolin masyarakat muslim yg hidup dalam ekologinya, berdiri di tanah, airnya dst KÅ•isten juga. Jd capek kalau ngomongin teks. Kenapa di masa lalu, org2 bs hidup dg lbh tenang
Ada unsur2 lain yg melatarbelaknagi knapa org2 melakukan violence. Misal social allienation. Merasa terpinggirkan dr tanahnya sendiri Ex: di blkg hotel2 besar, perumahan2 yg kokoh, ada 1 rmh kecil nyempil Sangat kontras Itu wajah kekerasan juga.
Mantan napi terorisme melihat sendiri pd jaman kecilnya aparat membonkar rumhanya saat bangun mall. Motifnya revenge. Yg tergantung pd yg mefasilitasi. Bs gabung dg pelaku tindak kriminil, atau laskar2 tertentu yg memberi nilai baru. Bagian dirinya yg ingin revenge, blum selesai
Bgm islam diterima masa kecil spt apa, cerita aja betapa islam santai Julia suryakusuma sejak 90 an memunculkan istilah moral panic Mainan anak hrs hafidz doll, baju anak2nya hrs islami, tasnya hrs ada huruf arab, topinya, mainannya islami. Moral panic - kalis
Komodifikasi agama, kata khatibul umam, moderatornya Jika hidup itu indah, maka tugas kita mengindahkan kehidupan, kata prof muhajirin Caranya belajar pd sopir. Bayangkan areal yg dipakai utk mobil itu terbatas. Tp tdk padha tabrakan, krn sopir2 itu tahu menabrak & ..ditabrak sama ruginya.
Sopir2 itu menuju tenpat2 yg berbeda, yg penting sampai tujuan dg selamat. Ttk temu peradaban pesisiran, pedalaman dan pegunungan Nama gubernur mardianto itu asal pedalaman Nama wakil ali mufidz pesisiran Pakai bhs kromo -prof mujahirin
Kromo inggil ke pak ali mufiz krn pesisiran yg alim..
Kromo inggil ke pak mardiyanto krn atasannya
Jogja aman. Yg bikin tdk aman, biasanya org2 dr luar.
Sbtlmya mnusia bth hidup
Biologis, cari pakan, sandang, pangan. Klo gak selesai, bs kufur pd aturn
Sosiologis
Adab
Knapa bertengkar, krn pemahanan kita sdkt. Sumber kebenaran dan kebaikan ada 5
Kebenaran konstitutif. Dasarnya benar krn yakin.
Keyakinan itu hafir dlm wilayah cerita rakyat, mitos, agama
Benar bukan krn ceritanya, tp nilainy
Mitos itu cerita yg dikeramatkn
-prof mujahirin
Yakin di tata ruang itu ada penguasa dn penjaganya. Krn dpt kebaikan dr penjaganya, maka berterima kasih. Betuknya rutual, mempersembabka sesuatu. Reciprocitas. Hukum timbal balik.
Masuk neraka itu yakin, jd tdk butuh verifikasi.
- prof mujahirin
Ayatnya bener tp cara menafsirkan beda2 sekali. Misal ayat poligami.
Kalau takut tdk bisa adil, maka 1.
Tafsirmya ada yg monogami, ada yg poligami.
Beda2:
Inti islam, memyempurnakan adab
Islam itu agama dan kekuasaan
Islam itu jamaah
Makin beradab,tp mkn kejam
- prof mujahirin
Ali diam, tdk jd menebas krn musuhnya meludahi. Kalau aku memenggal lehermu krn nafsu, berarti bukan agama. Nafsu hrs terhindar dr itu.
Amtara agama dan umat beragama, fakta empiriknya tjd tumpang tindih antara kptgn Tuhan dan umat yg ngaku bertuhan. Jd takfiri
-prof mujahirin
Benar krn ekspriens dan scientific knowledge
Kognitif
Local wisdom
Setiap masy tahu. Nelayan tahu kapn ikan dtg
Benar krn kesepakatan sosial
Ex adat istiadat. Krn fam sama2 siregar tdk boleh kawin
Teori adl alat mencapai kebenaran
-prof mujahirin
Kebemaran ethic
Klo memberi sesuatu dg tgn kiri, maka tdk etis
Kebemaran ekspresif, yg mnrt cita rasa seni.
Misal gaya nyanyi kayang. Bimbo mengajarkan cinta pd Tuhan
Sumber manusia aja beragam. Aplagi motifasi org2
Di gunung, yg lklhtn pohon2 di dpnnya
- prof mujahirin
Kalau ada eksklusifism, bisa meningkat ke radikalism dan punya intensi ke ekstrimism - kalis
Ada yg disebut sentimen kolektif.
Jd yg benar adlh semua agama benar menurut pemeluk yg meyakininya - prof mujahirin
Kalau org masih sibuk dg atrihut2 berarti belum jelas nasibnya
Kalau masih sibuk dg atrihut2 luaran,bersrti belum mengendap
Jamaah haji hrs pakai gelang, krn org2 yg bersangkutan belum jelas bs balik lagi ke maktabnya atau tdk
Agama adlh ada dlm endapan kita, bukan dlm atribut
Kita cari bahagia dlm hidup. Konstruksikan keberagamaan dlm mewujudkan keindahan
Indonesia sdh merdeka, kenapa kok masih ngomong ma huwa radikal
- prof mujahirin
tetep srawung biar bahagia
#toleransi
Nilai mengalami dialektika. Tak menentu. Maka cara yg paling mudah, cari dari yg lbh senior.bitu alasan yg paling logis
Al insanu mahalul khotto wannisynm inti manusia adl tdk sempurna. Melahirkan pemahaman2
Pelaku mencapai tujuan norm, di bawahnya ada kondisi
4 jenis
Yg idealis, tdk akan korupsi
Ada yg ambil, tp sdkt
Ada peluang, knapa gak ambil, asal gak musyrik
Ambil aja, klo dosa ya sekalian
Ada segumpal darah yg jk baik, maka baik semuanya.
Jaga hati kita, agar selamat
Poin agama adl menjaga hati
Hati nurani tdk bs dibohingi.
Yassiru wa laa tu assiru
Tuhan tahu kapasitas kita
Tp mnsia defend. Merasa ditakdirkan miskin, misalnya
Pdhl malas
- prof mujahirin
Ktk menulis sesuatu sbnrnya kebaca motifnya. Apakah berdasarkan ilmu atau mengedepankan emosi dan nafsu.
Ktk berdasarkan emosi, efeknya bukan diskursus
Org2 sbnrnya menggunakn medsos sbg medium pelampiasan
Klo nulis dg niat baik, efekmya lbh baik dan panjang
Ciri tulisan berkah, berdampak, kelihatan dr feedbacknya. Meski hanya satu dua orang yg dpt energi lagi utk hidup
Kegiatan literasi dibawa pd keilmuan, konsepnya lugas.
Lugas gak ada hbgnnya dg emosi
Lugas atau permisif
Klo sosmed, perasaan spontan.
-prof mujahirin
Hasil caption, memotong pembicaraan parafrase jd point itu jahat. Misal khotbah uas ttg catur itu haram kalau meninggalkan sholat, dipotong jd catur itu haram
Jgn mudah terpancing
Yg baik adlh tdk ngomentarin yg gak mutu. Suka menohok pihak lain itu tdk bermutu
eksklusif bukan hy agama, tp lainnya..tdk bs dihilangkan, yg bs dikurangi
Klo org kaya baru, suka marah2in pembantunya terus. Kalau baru bekajar agama, merasa plg bemar
Dlmdimensi sosial, smua org py konsep kebersamaan
Boleh kompetitif dlm kebaikan
- prof mujahirin
Byk2 tokoh agama yg
Byk yg toleransi pura2. Maka butuh dialog
3 level
Dialog
Dialog Secara Peran sosial
Dialog ttg Healing practice
Barulah dialog theologis
Bukan utk cari yg benar, tp mencari di mana kesamaan. Belajar pahami perbedaan. Bukan utk debat
- prof mujahirin
Sayangnya, tdk ada kesanggupan utk berdialog
Ciri beragama: org nyaman dekat dg kita. Itu prinsip
- prof muhajirin
Riset ttg narasi kyk apa radical to violence
Perasaan tertindas dimunculkan
Utk memunculkan solidaritas utk melawan
Ayat al ghuroba, strangers
Memunculkan perasaan heroik, imajinasi2 keterasingan, harapan2 klo sdh ada khilafah tdk ada kemiskinan
-kalis
Nikmatilah kesulitan krn dr sana akan ada upaya cari jalan keluar
Nandur kurma, nanam benih dikasih batu di atasnya
Pilih yg sulit2 di awal, agar di kemudian hari dot kemudahan
#filosofi
- prof mujahirin
Ktk terlalu percaya, akan kecewa jk tdk sesuai fakta, atau mengikuti begitu saja.
0 Comments